Upaya pemerintah mewujudkan pentingnya budaya K3 di Indonesia melalui Peringatan bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja


 

     Berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan yang dihitung sejak Januari-Maret 2022 angka kecelakaan kerja tercatat sebanyak 61. 805 kasus. Kasus kecelakaan didominasi oleh kelompok usia 20-25 tahun. Hal ini perlu mendapatkan perhatian kusus baik pemerintah maupun pemberi kerja. 

    Kecelakaan kerja pada dasarnya dapat di cegah dengan menerapkan menejamen keselamatan dan kesehatan kerja dengan baik. Peran pemerintah juga menjadi sangat penting terutama dalam mempromosikan Gerakan budaya K3 dari berbagai macam sector. Salah satu upaya pemerintah yaitu dengan membentuk Gerakan bulan K3 nasional.  

   Sejak tahun 1984 dengan diterbitkannya Kepmenaker No. Kep. 13/MEN/1984 tentang Pola Kampanye Nasional K3 hingga tahun 1992, pemerintah bersama-sama pemangku kepentingan telah melakukan upaya yang intensif untuk memasyarakatkan K3 melalui Kampanye Nasional K3 selama 1 satu bulan dimulai tanggal 12 Januari sampai dengan 12 Februari yang selanjutnya dikenal dengan Bulan K3 Nasional. 

    Sejak tahun 1993 hingga tahun 2008 Kampanye Nasional K3 diubah menjadi Gerakan Nasional Membudayakan K3 dengan Kepmenaker No. Kep. 463/MEN/1993 dikenal dengan Bulan K3 Nasional. Pada tahun 2009, Gerakan Nasional Membudayakan K3 diubah strateginya yang diwujudkan dalam Gerakan Efektif Masyarakat Membudayakan K3 GEMA DAYA K3 dan dicanangkan pada mulainya pelaksanaan Bulan K3 Nasional tanggal 12 Januari 2009.
    
     Budaya keselamatan dan kesehatan kerja nasional adalah budaya di mana hak atas lingkungan kerja yang aman dan sehat dihormati di semua tingkatan, di mana pemerintah, pengusaha, dan pekerja secara aktif berpartisipasi dalam mengamankan lingkungan kerja yang aman dan sehat di mana prioritas tertinggi diberikan pada prinsip sebagai pencegahan.

Sumber : Peringatan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja sebagai upaya pemerintah mewujudkan budaya K3 di Indonesia. 


- Website : https://unusa.ac.id/ 

- Facebook : https://www.facebook.com/unusaofficialfb

- Instagram : https://www.instagram.com/unusa_official/
 

Baca Blog teman saya : Ferlyn B. Ashar

Postingan populer dari blog ini

Resume Materi : Proses Pelayanan ULC

Resume Materi : Sosialisasi program LPKS